Monday, October 22, 2012

Memanfaatkan Layanan Internet Bagi Kehidupan

Asalamualaikum Wr. Wb.

Pada Post kali ini dari pada saya binggung mending saya membuat post tentang Memanfaatkan Layanan  Internet Bagi Kehidupan. Nahh tuh gimana dari judulnya aja udah kelaatan... Pasti sesuatu yang mesti di jelaskan secara gamblang ... heee..

Memanfaatkan Layanan  Internet Bagi Kehidupan

Sebenarnya gimana si.... kita bisa memanfaatkan Sebuah layanan internet yang sudah kita bela- bela kita bayar ke penyedia Isp.. Kalo udah kita bayar mahal- mahal tapinya kita nga bisa memanfaatkannya percumah donk itu akan sia- sia nga ada bekasnya.. akan lenyap di telan waktu. Nah untuk itu saya akan sedikit mengulas tentang Memanfaatkan Layanan  Internet Bagi Kehidupan.

Internet memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan bagi kita. Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, kelas ekonomi, ideologi, atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. 

Internet adalah suatu komunitas dunia yang sangat demokratis serta memiliki kode etik yang di hormati segenap anggotannya. Manfaat internet terutama di peroleh melalui kerja sama antarpribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia. Di luar negri, khususnya Amerika Serikat, misalnya, internet sudah betul- betul merasuk ke dalam kehidupan sehari- hari sehingga menimbulkan implikasi di berbagai kehidupa.

1. Di Bidang Bisnis Internet dapat di manfaatkan sebagai berikut :
  • Sebagai media komunikasi promosi, misal untuk meningkatkan image persahaan serta pengalaman dan pemasaran produk.
  • Dapat mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, misalnya, perusahaan yang bergerak dala bidang informasi tidak harus mencetak informasi dalam bentuk koran maupun majalah, tapi bisa dengan online news, misal Detik.com
  • Mendobrak batasan ruang dan waktu. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar Amerika di bandingkan dengan perusahaan di eropa, atau bahkan dengan perusahaan di Amerika. Dahulu, hal ini mungkin akan sulit dilakukan karena perusahaan lokal akan memiliki akses yang lebih mudah kepada pasar lokalnya. Perlu di ingat, hal yang sebaliknya ( Perudahaan luar mengakses pasar Indonesia) dapat juga di lakukan dengan mudah. Jika hal ini tidak mendapat perhatian, maka pasar dalam negri akan di jarah oleh perusahaan asing
  • Untuk kebutuhan sisem perdagangan (e-commerce) internet sangat banyak di gunakan, yaitu perusahaan dagang lewat bisnis dengan internet.
2. Di Bidang Kemasyarakatan 
     Sebagai media komunikasi interaktif oleh berbagai pihak dalam bentuk email, dukungan pelayanan dengan "www", video conference, chating, dan internet Phone.

3. Di bidang Pemerintahan
  • Dapat membedakan pejabat dengan rakyatnya. Town House Meeting dapat dilaksanakan melalui teleconferencing. Demonstrasi dari mahasiswa dan rakyat dapat di kurangi atau bahkan di hindari bila mereka dapat melkukan dialog (baik secara tatap mata maupun secara elektronik)  dengan para pejabat.
  • Memudahkan pertukaran data informasi dengan sistem administrasi pemerintah (e-goverment) atau sebagai resources discovery.
Memanfaatkan Layanan  Internet Bagi Kehidupan

 4. Di Bidang Perbankan
    Banking online memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi secara online di depan komputer mereka( recourses sharing).

5. Di Bidang Pendidikan
    Memberikan akses informasi yang mudah, dimana masalah utama yang di hadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses sumberinformasi yang sangat sulit. Sebagaimana yang kita tahu, perpustakaan konvensional, yang merupakan sumber informasi, sangat sulit di jangkau karen jumlahnya sangat terbatas dan di sisi lai, buku-buku dan jurnal harus di beli dengan harga mahal sehingga Ilmu(dalam hal ini sumber informasi) menjadi sangat sulit ditemukan dan terkesan mahal.

Nahh, keberadaan internet mampu mengubah semua itu. Kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah tidak terbatas jumlahnya. Dengan adanya internet, para guru dan murid tidak perlu lagi pergi ke sekolah untuk mendapatkan informasi. Mereka dapat melakukan teleconference secara real time. Sungguh sangat mudah dan menyenagkan bukan ??

Tapitidak hanya itu saja .. internet juga memiliki dampak buruk pagi siapa yang ketagihan dengan kemudahan yang di tawarkannya. Jadi Bijak- bijaknya kita mampu memanfaatkan Layanan internet tersebut.

Wahh udah panjang yaa. okedeh sekian dulu ...... bila ada kata kata yang kurang pas  saya Mohon Maaf yang sebesar- besarnya  Wasalammualaikum Wr. Wb.

By Ariflaw ---- Semoga Bermanfaat ^-^


No comments:

Post a Comment

Design By @gia190990 on Twitter