Saturday, December 15, 2012

Pengertian Topologi Mesh Dalam Jaringan Komputer

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pengertian Topologi  Mesh Dalam Jaringan Komputer - Ariflaw Blog | Setelah kemarin saya posting mengenai Topologi Ring (Cincin), pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulaingi apa yang telah saya pelajari di sekolahan, materinya adalah Pengertian Topologi  Jaringan Mesh. Seperi biasa materi ini pastin udah nga asing sama anak-anak TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Dari pada berlama-lama kita langsung aja ke materinya.... Cekidot.

Pengertian Topologi  Mesh Dalam Jaringan Komputer
Topologi Mesh

Topologi Jaringan ini merupakan hubungan antarsentral secara penuh. Jumlah saluran harus di sediakan untuk membentuk Jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1,n = Jumlah sentral).

Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian, disamping kurang ekonomis juga relatif malah dalam pengopersiannya.

Jaringan dengan Topologi Mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, jaringan Mesh yang murni, yaitu peralatan duhubungkan satu dengan yang lain. jarang du gunakan. Yang bisa di pakai adalah membuat jalur ganda (Back Up) untuk hubungan-hubungan utama sebagai jalur adangan jika terjadi kesulitan di jalur utama.

Mesh Topologi di bangun dengan memasang link di antara station-station. Sebuah "Fully Connected Mesh" adalah sebuah jaringan di mana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya di gunakan pada jaringan komputer kecil.  Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapu tidak praktis dan biasannya cukup tinggi untuk diimplementasikan. Topologi Mesh memiliki tingkat Redundancy yang tinggi. Sehingga, jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapa mencarilink yang lainnya.

Nah kalo pengin tau Pengertian Topologi yang lainnya.. Silahkan Pilih di bawah ini ....

Demikian apa yang bisa saya berikan mengenai Pengertian Topologi  Mesh Dalam Jaringan Komputer. Mohon Maaf jika ada tutur kata yang kurang pas ... Terimakaih. akhir kata Wasalamuaikum Wr. Wb

By Ariflaw Blog ---- Semoga Bermanfaat ^_*

No comments:

Post a Comment

Design By @gia190990 on Twitter